Kamis, 18 Desember 2014

CERPEN ETIKA PROFESI

Bertanggung Jawab Dalam Bekerja

Di senin pagi di sebuah ruangan yang cukup luas, nyaman dan dingin telihat sesosok wanita cantik,  berambut panjang yang sedang asik di depan komputernya. Tiba-tiba seorang pria dengan membawa tumpukan kertas  datang ke depan meja wanita cantik itu , “mila ini berkas yang harus kamu audit, berkas ini harus selesai kamu audit dalam waktu 1minggu” perintah  Pak Andi. “ iya pak saya akan selesaikan tepat waktu” ujar mila. Melihat tumpukan berkas itu mila pun langsung pusing , iya menggerutu  saat Pak Andi sudah keluar dari ruangannya “ gila apa berkas segini banyak cuman di kasih waktu 1 minggu emang g robot bisa secepat itu, kalo ngasih kerjaan seenak jidatnya aja” gerutu mila. 
Waktu sudah menunjukkan jam istirahat makan siang, mila pun diajak teman sekantornya untuk makan siang. “ mil ayo kita makan udah laper ni” ajak yani, “duluan aja deh makan, gw masih banyak kerjaan” kata mila menolak ajakan temannya. “ gimana mau makan kerjakan numpuk gini, alamat lembur tiap hari ni “ gerutu mila. Jam berganti jam menit berganti  menit sampailah pada waktu pulang kerja, mila masih asik dengan tumpukan berkas itu. Yani mengajak mila pulang “ mil da waktunya pulang ayo pulang”, “ duluan deh gw lembur ni”  ujar mila. “ oke deh mil semangat ya ngauditnya jangan sampe salah “. “ ok”. Setiap hari mila lembur di kantor agar tugasnya selesai tepat waktu, bahkan berkas yang belum di audit pun di bawa pulang kerumah agar mila bisa mengerjakan tugas itu.
Di minggu pagi terdengar alarm di hp mila berbunyi, berkali-kali alarm mila berbunyi tapi mila tidak bangun-bangun dari tidurnya. Tepat jam 10.00 alarm mila berbunyi lagi, mila baru terbangun dari tidurnya mengambil hp dan melihat jam alarm di hpnya, mila pun terkejut melihat hpnya “hah udah jam 10.00 kesiangan gw , Besok udah harus di serahin ni berkas yang udah diaudit, belum kelar lagi, harus kelar hari ini juga maksimal subuh besok harus kelar ni “ ujar mila. Tanpa mandi mila pun langsung bangun menyalakan laptop dan mengambil berkas yang belum di audit. Ia mengerjakan tugasnya itu sampai larut malam, hingga hampir subuh, sang mama melihat mila masih mengerjakan tugas“ mila ini sudah tengh malam kamu juga belum tidur, besok kerja pagi lagi”. “ iya ma ini besok pagi harus di serahin kerjaannya, dikit lagi selesai kok ma” jawab mila. Jam 4 pagi pun akhirnya kerjaan mila selesai,” alhamdulillah kelar juga ni kerjaan, bisa tidur dah walaupun 1 jam mah “ ujar mila.
Pukul 07.00 mila pun sampai di kantornya, iya masuk ruangannya , “tidur lagi sebentar bisa  ni” kata mila. Pukul 08.00 mila pun di panggil Pak Andi, “ ini pak tugas yang bapak berikan sudah selesai saya audit” ujar mila,” kenapa mata kamu sepertinya mengantuk sekali” tanya pak andi. “ iya pak saya lembur setiap hari, semalam saya sampai subuh pak menyelesaikan tugas ini” jawab mila. “ bagus walaupun kamu sampai begadang setiap hari tugas yang saya berikan selesai tepat waktu dan baik, itu namanya kamu bertanggung  jawab dalam bekerja, dan kamu patut di contoh oleh auditor dan karyawan lain agar mereka bertanggung jawab dalm mengerjakan pekerjaan kantor “ puji pak andi. Mendengar pujian dari Pak Andi, mila pun senang “ nggak sia-sia kan gw lembur terus ampe kurang tidur” ujar mila. Mila pun semakin semangat bekerja sebagai auditor dan akan selalu bertanggung jawab dalam bekerja.

SELESAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Magical Tinkerbell