Minggu, 02 Desember 2012

MANAJEMEN KEUANGAN KOPERASI



Manajemen keuangan koperasi adalah sebuah aktivitas pencarian modal menguntungkan dan penggunaan modal secara efektif dan efisien namun tetap memperhatikan prinsip ekonomi dan prinsip koperasi.
Fungsi-fungsi Manajemen menurut G Terry :
1.       PERENCANAAN (PLANNING)
“Perencanaan” adalah menetapkan suatu cara untuk bertindak sebelum tindakan itu sendiri dilaksanakan. Perencanaan sangat penting bagi organisasi dalam rangka mencapai tujuannya.
Manfaat Perencanaan bagi Organisasi
- Sebagai alat pengawasan dan pengendalian kegiatan
- Untuk memilih dan menetapkan skala prioritas
- Untuk mengarahkan dan menuntun pelaksanaan kegiatan
- Untuk mengurangi dan menghadapi ketidakpastian (uncertainly)
- Mendorong tercapainya tujuan, misalnya kesejahteraan anggota, memperluas usaha dsb
2.       PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
“Organisasi adalah sekelompok manusia yang bekerjasama, dimana kerjasama tersebut dicanangkan dalam bentuk struktur organisasi atau gambaran skematis tentang hubungan kerja dalam rangka mencapai tujuan tertentu”Azas-azas organisasi adalah merupakan pedoman yang sejauh mungkin hendaknya dilaksanakan agar diperoleh struktur organisasi yang baik dan aktivitas organisasi dapat berjalan lancar
3.       ACTUATING (PENGGERAKAN UNTUK BEKERJA)
Koperasi hakekatnya dibangun untuk memberdayakan masyarakat dari kesulitan, kekurangan, kelemahan dan kemiskinan. Misi ini sangat erat kaitannya dengan pola pengaturan kelembagaan dari masyarakat itu (komunitas anggota koperasi) sendiri membangun kesejahteraan secara bersama-sama (goal). Untuk mencapai tujuan koperasi tersebut maka koperasi harus menunjukkan jatidirinya yang mandiri.
Menghadapi  trend bisnis  (era pasar bebas) dan kemajuan teknologi yang semakin pesat, koperasi sejak dini sudah harus melakukan penyesuaian dan antisipasi pengembangan usahanya dengan melakukan kerjasama  antar koperasi (membangun sinergi) untuk memiliki bargening position dengan mengutamakan kekuatan pasar (captive market) anggotanya;  karena Keberhasilan hanya dapat diraih secara bersama untuk Kepentingan yang sama, saat ini momentum untuk mewujudnyatakan kekuatan yang dimiliki koperasi  melalui kerjasama kemitraan.
Mendorong koperasi juga menjalin kerjasama kemitraan dengan pihak lain, seperti Badan Usaha milik Negara/Daerah, swasta dalam negeri maupun swasta asing, perlu dilaksanakan secara sungguh-sungguh, agar koperasi dapat dan mampu memasuki perdagangan international, maupun dapat secara bersama-sama membangun jejaring usaha.

4.       PENGAWASAN (CONTROLLING)
“Pengawasan adalah merupakan tindakan atas proses kegiatan untuk mengetahui hasil pelaksanaan, kesalahan, kegagalan, kemudian dilakukan perbaikan dan mencegah terulangnya kembali kesalahan tersebut”.
 Fungsi Pengawasan;
·         Mencegah terjadinya berbagai penyimpangan atau kesalahan.
·         Memperbaiki berbagai penyimpangan atau kesalahan yang terjadi.
·          Untuk mendinamisir organisasi/koperasi serta segenap kegiatan manajemen lainnya;
·          Untuk mempertebal rasa tanggung jawab;

 Prinsip-prinsip Dasar Pengawasan ;
·         Adanya perencanaan tertentu dalam Pengawasan;
·         Adanya pemberian instruksi/perintah dan wewenang;
·         Dapat merefleksikan berbagai sifat dan kebutuhan dari berbagai kegiatan yang diawasi;
·         Pengawasan harus bersifat fleksibel;
·         Dapat merefleksikan pola organisasi
Sumber : http://blog.student.uny.ac.id/yooovie/2010/10/28/managemen-keuangan-koperasi/
                  http://www.koperasiku.com/artikel/manajemen-koperasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Magical Tinkerbell