Sabtu, 18 Oktober 2014

Acara Khitanan atau Hajatan Khitan Sahrul Ramadhan

Khitan atau sunat bagi  laki-laki adalah memotong seluruh kulit yang menutup hasyafah (kepala penis) kemaluan laki-laki sehingga semua hasyafah terbuka.  Khitan bagi laki-laki hukumnya wajib dalam agama islam. Syariah kenapa khitan itu diisyariatkan adalah karena menghindari adanya najis pada anggota badan saat shalat. khitan di lakukan untk mengikuti sunnah Rasulullah dan mengikuti sunnah Nabi Ibrahim.  Di tempat saya tinggal derah depok kampung kebon duren biasanya anak laki- laki yang di khitan berumur 6 tahun sampai 12 tahun. Kemarin tanggal 11 Oktober 2014 tetangga saya yang sudah saya anggap seperti adik sendiri yang bernama Syahrul Ramadhan ( Wahyu ) yang berumur 9 tahun mengadakan acara syukuran khitanan yan biasa orang kampung sebut dengan hajatan sunatan. Khitan atau sunatnya dilakukan pada ke esokan harinya yaitu pada tanggal 12 oktober 2014. tidak seperti orang biasanya yang melakukan khitan terlebih dahulu baru mengadakn acara syukuran atau hajatan sunatan. Hal ini dilakukan karena oarang tua dari si anak tidak ingin repot mengadakan syukuran sehingga acara syukuran atau hajatan dilakukan terlebih dahulu.

Acara hajatan ini dilakukan di rumahnya yang empunya hajat. di depan rumah di pasang tenda bernuansa ungu dan putih, meja prasmanan, dekat tenda di pasang pelaminan kecil yang di hiasi bunga untuk pengantin sunat duduk sambil menerima para tamu  undangan yang datang.

Inilah pengantin sunat sahrul ramadhan

Tidak seperti acara khitanan yang dilakukan di kota seperti jakarta yang makanan untuk para tamu undangan biasanya pesan di catering tinggal terima jadi tidak perlu repot, acara khitanan di kampung kebon duren  berbeda dari kota. Makanan untuk para tamu di masak sendiri dengan menyewa tukang masak, masaknya puntidak menggunakan kompor gas, tapi menggunakan tungku yang di susun dari bata dan menggunakan kayu bakar seperti zaman dulu yang belum menggunakan kompor minyak atau pun gas. Makanan yang di sajikan pun sederhana seperti, karedok, asinan, ayam kecap, sayur nangka,sambal goreng kentang kerupuk,jengkol balado. Mungkin aneh kedengarannya ada menu jengkol, tetapi di kampung kebon duren hal itu sudah biasa malah menu jengkol itu banyak di cari oleh para tamu undangan karena menu jengkol dan karedok sudah menjadi ciri khas di kampung kebon duren. Di atas meja yang di gunakan untuk tamu makan pun di sediakan kue khas kampung kebon duren yaitu kue geplak, kue cucur, tape uli, wajik, dan pisang ambon.


Itulah cerita singkat dari acara khitanan sahrul ramadhan. Semoga dengan di sunat atau di khitan nya sahrul, sahrul bisa menjadi anak yan sholeh, kuat, pintar, baik untuk semua orang khususnya untuk ke dua oranng tuanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Magical Tinkerbell